Kamis, 28 Juni 2012

Gusi Bengkak Penyebab Penyakit Jantung dan Penyakit Paru

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa gusi bengkak juga menjadi salah satu penyebab dari penyakit jantung dan penyakit paru. Mengapa ? 

Gusi bengkak tidak hanya disebabkan oleh sakit gigi tetapi juga oleh cukup banyak faktor lainnya, di antaranya yaitu kekurangan gizi, gangguan imunitas tubuh dan infeksi mikroba. Gusi bengkak tidak dapat dipandang sebelah mata sebab infeksi bakteri dari gusi dapat masuk ke dalam peredaran darah sehingga mempengaruhi fungsi berbagai organ tubuh yang pada akhirnya dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Lantas bagaimana sehingga gusi bengkak dapat menyebabkan penyakit jantung dan penyakit paru ? Mekanismenya seperti ini. Kuman yang terdapat pada gusi dapat ikut terbawa ke dalam aliran darah dan menyangkut pada katup jantung. Proses yang lama dan terus menerus dapat menyebabkan jantung menjadi terinfeksi. Bakteri di gusi juga dapat masuk ke paru-paru melalui ludah maupun udara pernapasan dan menimbulkan infeksi pada paru-paru.

Komplikasi tersebut disebabkan karena penanganan yang telat. Untuk mengetahui apakah gusi bengkak menjadi faktor penyebab utama dari penyakit jantung dan atau penyakit paru, anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai pola hidup yang dijalani dan silsilah keluarga anda. Sebab tidak menutup kemungkinan kedua faktor tersebutlah yang menyebabkan terganggunya fungsi jantung dan paru. Sehingga dengan mengetahui faktor penyebabnya maka dapat ditentukan bentuk pengobatan yang tepat dan mencegah munculnya faktor penyebab yang lainnya.

Jadi, mulai sekarang rawatlah gigi dan gusi anda dengan baik karena perawatan gigi yang baik juga berarti perawatan terhadap jantung dan paru anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar